Apakah Anda sedang mencari alat yang paling tepat untuk membantu Anda mendeteksi masa subur? Ada beberapa pilihan cara mendeteksi masa subur yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat tes ovulasi. Walaupun demikian, alat deteksi masa subur ini tidak murah. Mari kita pelajari lebih dalam.

Cara Kerja

Pertanyaan pertama yang mungkin akan muncul di benak Anda adalah mengenai cara kerja alat tes ovulasi ini. Sekilas, alat ini terlihat sangat mirip dengan alat tes kehamilan yang mungkin lebih awam untuk masyarakat Indonesia. Kedua alat ini juga menggunakan air seni untuk menentukan hasil tes.

Walaupun demikian, zat kimia dalam air seni yang dideteksi oleh kedua alat ini berbeda. Alat tes ovulasi mendeteksi peningkatan produksi luteinizing hormone (LH) dalam air seni wanita. Kadar LH sendiri akan mengalami peningkatan sekitar 36 jam sebelum ovulasi terjadi. Bila Anda melakukan hubungan intim sesaat setelah peningkatan LH terjadi, peluang terjadinya pembuahan antara sel telur dan sperma akan semakin tinggi.

Saat menggunakan alat deteksi masa subur wanita ini, Anda perlu menggarisbawahi satu hal. Alat ini mempunyai fungsi utama untuk memprediksi ovulasi yang akan terjadi dengan mengukur kadar LH alam air seni. Dengan kata lain, alat ini tidak bisa memastikan apakah Anda benar-benar sudah mengalami ovulasi atau belum. Ada kalanya, sel telur gagal lepas dari folikel walaupun peningkatan kadar LH sudah terjadi.

Akurasi

Tidak ada salahnya bila Anda juga mempertanyakan akurasi alat deteksi masa subur wanita ini bila dibandingkan dengan metode lain untuk mengetahui masa ovulasi wanita. Dari berbagai metode memprediksi masa subur wanita, alat tes ovulasi ini terbilang lebih akurat. Beberapa merk alat tes ovulasi mempunyai prosentase efektivitas yang tinggi untuk mendeteksi peningkatan LH.

Meskipun demikian, untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih efektif untuk memprediksi masa subur, Anda sebaiknya menggunakan alat tes ovulasi ini bersama metode-metode lain untuk mengetahui masa subur. Anda bisa pula melihat kondisi lendir serviks Anda dan mencatat suhu tubuh basal. Dengan mengkombinasikan metode-metode tersebut, harapannya peluang kehamilan Anda juga akan semakin besar.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Alat Tes Ovulasi?

Karena harga alat tes ovulasi tidak bisa dikatakan murah, Anda perlu menggunakannya di saat yang tepat. Anda tidak perlu menggunakan alat tes ini setiap hari. Alat ini bisa Anda gunakan di tengah siklus menstruasi Anda karena wanita biasanya berovulasi di saat tersebut.

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung dengan hitungan siklus menstruasi yang tepat. Siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Setelah memahami siklus menstruasi Anda sendiri, Anda tinggal menggunakan alat deteksi masa subur ini di pertengahan siklus tersebut.

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *