Membangun rumah baru terkadang memerlukan biaya yang besar apalagi jika anda membangun dengan metode masih konvensional. Selain itu juga, akan sangat memakan waktu yang lama. Saat ini, sudah ada pembangunan nonkonvensional, salah satunya rumah instan atau rumah domus. Apakah anda pernah mendengar rumah domus atau instan? 

Apa itu rumah instan? 

Jenis rumah instan yang cukup populer adalah rumah domus. Terkadang istilah rumah dengan konsep pembangunan non konvensional sehingga pembangunannya lebih cepat dan murah, masih sangat awam di masyarakat. Konsep ini pertama kali di kenalkan oleh PT Tata Logam Lestari pada bulan November 2015.

Jenis rumah permanen dengan tipe 21 hanya membutuhkan waktu 5 hari sedangkan tipe 45 dapat diselesaikan selama 14 hari. Meskipun rumah instan namun pembangunan rumah ini tetap direncanakan dengan baik dan mencari material bangunan yang tepat serta teknik pembangunannya juga benar. 

Cukup menarik bagi orang yang ingin mendapatkan rumah yang mewah dan kuat. Paling penting pembangunan rumah dengan konsep domus sangat terjangkau. 

Kelebihan membuat rumah instant 

Berikut kelebihan yang didapatkan dari rumah domus, antara lain: 

  1. Kualitas material bangunan terbaik 

Rumah instant selalu mengedepankan material yang digunakan. Penentuan material akan ikut mempengaruhi durasi pengerjaan dan biaya yang dikeluarkan. Rumah domus memanfaatkan material prefabrikasi atau cetak. 

Komponen dari struktur bangunan menggunakan material logam yang anti karat. Tidak hanya itu, bata ringan dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan dinding. Di samping itu, bata ini tidak membutuhkan plesteran yang tebal, lebih kedap air serta tahan terhadap tekanan. Gypsum merupakan material untuk plafon, penggunaannya dikarenakan lebih mudah dalam proses pemasangan. 

  1. Lokasi lebih fleksibel 

Kelebihan lain dari rumah jenis nonkonvensional seperti rumah domus yaitu lokasi akan jauh lebih fleksibel. Rumah ini biasanya dibangun di daerah perkotaan dan perdesaan. Jadi, dimanapun lokasinya tidak jadi masalah. 

  1. Lebih efisien 

Pengembangan rumah menggunakan material berkualitas dan teknik yang tepat sehingga rumah instant jauh lebih efisien daripada rumah konvensional. Anda tidak terlalu membutuhkan tenaga kerja karena material yang digunakan juga ikut mempermudah pengerjaan konsep rumah domus. 

  1. Kuat 

Banyak orang memiliki kekhawatiran jika rumah yang dibangun cepat tidak akan kuat terutama ketika ada gempa dan lainnya. Berdasarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah dilakukan uji kekuatan sehingga sudah terjamin kekuatannya. Jadi, anda tidak perlu khawatir terkait kekuatannya. 

  1. Harga terjangkau 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biaya bangun rumah cukup mahal, jadi solusi terbaik memang membangun rumah instant. Misalnya satu unit untuk tipe 21 hanya membutuhkan biaya sekitar Rp. 20.000.000 sampai Rp. 50.000.000. 

Demikianlah kelebihan dari rumah instan atau domus yang sudah dijelaskan. Perhatikan setiap perencanaan, teknik dan penggunaan konstruktor.  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *