Sebelum Anda memutuskan untuk memasang rangka baja untuk penopang atap sebaiknya seleksilah terlebih dulu tentang kualitasnya. Tujuannya agar tidak menyesal dikemudian hari karena sedikit banyaknya biaya yang muncul untuk membeli dan memasang rangka baja untuk atap tidak cukup Rp. 10 juta. Berikut penjelasan cara membedakan kualitas rangka baja terbaik.

Ini Dia Cara Membedakan Kualitas Rangka Baja Terbaik dengan Kelas 3:

  1. Amati dari ketebalan 

Rangka Baja Terbaik atap yang diproduksi memiliki opsi ketebalan dari 0,4 – 1 mm. Untuk memenuhi stAndar yang bagus saat Anda beli sebaiknya pilih dengan ketebalan yang maksimal karena semakin besar nilai tarikan tegangannya dan menjadikan kekuatanya lebih maksimal. Kecuali memang Anda sengaja memilih rangka baja untuk atap dengan jangka waktu yang tidak lama, mungkin 5 tahunan maka bisa memakai ketebalan terendah. 

  1. Standar SNI 

Setiap produk bahan bangunan tentunya harus melewati kualifikasi dengan stAndar SNI agar tidak membahayakan dan aman serta menghemat biaya yang dikeluarkan. Anda lihat bagian labelnya jika ada tulisan SNI artinya rangka tersebut telah aman dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Ada juga rangka baja dengan harga murah sekali tanpa SNI yang diperjualbelikan sebagai kebutuhan tak lama. Mungkin untuk jangka waktu 1 tahunan. 

  1. Ketebalan lapisan anti karat

Setiap rangka baja atap memiliki ketebalan karat agar tidak terjadi pelapukan dini. Ukuran ketebalan karatnya tidak boleh di bawah angka 150 gr/m2 untuk jenis galvalum sedangkan untuk jenis lapisan galvanis juga tidak boleh di bawah 180 gr/m2. 

Jadi, jika ketebalan lapisan karatnya 170 gr/m2 untuk galvalum dikatakan memiliki kualitas yang sangat bagus untuk menahan korosi atau karatnya. 

  1. Banyak digunakan oleh kontraktor Handal

Mungkin Anda akan berkiblat kepada kontraktor yang memakai rangka baja untuk atapnya dari jenis dan kualitas yang seperti apa. Hal itu bisa menjadi pertimbangan utama saat akan memasang rangka baja. Para kontraktor kebanyakan memakai rangka baja ketebalan 1,00 mm untuk membangun sebuah hunian perumahan maka bisa menjadi tolok ukur ke depannya, hunian bisa bertahan hingga 30 tahun lebih. 

Dengan melihat 4 kualitas di atas, tentunya Anda akan berpikir untuk memilih Rangka Baja Terbaik atap yang bagaimana agar pas dengan kebutuhan. Rangka baja atap terbuat dari bahan campuran alumunium, zink dan baja dengan kadar yang seimbang, bahan tersebut terbilang ringan, murah dan kuat tetapi hati-hatilah saat pemasangan karena aliran listrik yang menempel akan membuat tegangan di rangka bajanya. Memasang perlu tenaga ahli agar tidak terjadi sebuah aliran listrik singkat yang bisa mengakibatkan kesetrum. Jika Anda tinggal di area dataran tinggi, alangkah baiknya memakai rangka atap dari baja bukan kayu karena cepat panas yang dirasakan dari permukaannya mengakibatkan atap lebih cepat kering.

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *