Jika kamu wanita yang mengalami gejala seperti nyeri ringan di area perut, rasa sakit nyeri yang semakin teratur , rasa sakit di area panggul ,rasa sakit di area perut yang disertai demam kamu wajib melakukan pemeriksaan tuba falopi , bisa saja gejala-gejala yang sudah disebutkan yaitu akibat penyumbatan tuba falopi yang mengakibatkan sulit mempunyai keturunan . 

Cara untuk menyembuhkan pada  penyumbatan tuba falopi dengan cara HSG ( histerosalpingografi ) , dalam prosedur penyembuhan histerosalpingografi menggunakan bahan pewarna kontras pada pemeriksaan foto rontgen untuk menghasilkan Foto yang lebih jelas, melalui foto tersebut dokter dapat mengetahui  masalah pada rahim dan saluran telur , untuk pemeriksaan tuba falopi ini memerlukan waktu sekitar 15 – 20 menit  dan dilakukan di radiologi rumah sakit maupun klinik . 

Biaya yang dikeluarkan untuk HSG di rumah sakit swasta sekitar 700.000-1700.000 tetapi biaya tersebut bisa saja berbeda dengan rumah sakit daerah lain . 

Untuk kamu yang akan melakukan pemeriksaan tuba falopi dengan menggunakan HSG kamu harus mempersiapkan : 

  1. Tidak melakukan hubungan suami istri untuk memproteksi kemungkinan terjadinya kehamilan 
  2. Meminum antibiotik profilaksis sehari sebelum melakukan pemeriksaan 
  3. Meminum antibiotik yang direkomendasikan biasanya metronidazole 1 gram 
  4. Meminum  doxycycline 2×100 mg selama 7 hari saat tindakan pemeriksaan tuba falopi 
  5. Meminum ibuprofen sebelum tindakan pemeriksaan tuba falopi untuk mengurangi rasa nyeri 

Umumnya pemeriksaan tuba fallopi menggunakan HSG sakit karena posisi duduk yang tidak nyaman saat melaksanakan HSG ,ditambah saat mengalirkan warna kontras pada saluran telur yang lebih sering dirasakan setiap orang mengalami rasa kram perut hebat , untuk itu kamu harus akan diberikan resep obat yang telah disebutkan diatas . 

HSG ini juga bisa mengalami kegagalan Biasanya diakibatkan faktor bentuk rahim bermasalah sehingga cairan kontras tidak bisa masuk ke rahim , untuk itu jika kamu mengalami kegagalan dalam HSG lebih baik kamu konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut lagi . 

Teknik histerosalpingografi  juga tidak dilakukan sembarangan sebelum melakukan pemeriksaan dokter akan memberikan edukasi pasien  dan informasi , Menyetujui kesiapan pasien , mempersiapkan alat dan kebutuhan hingga prosedur tindakan. 

Histerosalpingografi menggunakan peralatan tindakan seperti : 

  • Fluoroskopi
  • Cohen cannula /kateter 5F yang mempunyai ujung balon untuk mencegah kontras keluar dari serviks 
  • Spekulum 
  • Tenaculum / surgical forceps
  • Larutan antiseptik
  • Medium kontras oil based atau water soluble

Jika kamu melakukan HSG hasil yang abnormalitas adalah tuba seperti oklusi tuba, irregular kontur tuba , adhesi peritubal dan abnormalitas kavitas uterus seperti anomali duktus mullerian , kelainan yang terjadi pada anatomis posisi .

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *