Batu bara merupakan bahan bakar fosil di Negara kita yang telah terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang telah mati dari ratusan juta tahun yang telah lalu. Metode eksplorasi batubara ini terdapat di Indonesia sangat besar dan memiliki dampak yang besar pula bagi Negara. Proses dari pembentukan dari batu bara itu sendiri sangat mempengaruhi dari hasil batu bara itu sendiri, semakin padat batu bara tersebut maka akan semakin bagus pula batu baranya.

Jenis Batu Bara 

Sebelum mengetahui metode eksplorasi batubara maka akan lebih baik jika kita mengenal beberapa jenis-jenis batu bara. Jenis-jenis batu bara sendiri antara lain sebagai berikut.

  1. Lignite

Batu bara ini sering disebut sebagai batu bara cokelat dan memiliki kualitas yang rendah.

  1. Sub-bituminous

Enis batu bara ini merupakan batu bara dengan kualitas yang sedang, yang memiliki warna cokelat cenderung berwarna hitam.

  1. Bituminous

Batu bara jenis ini merupakan jenis batu bara yang memiliki kualitas yang tinggi yang memiliki warna hitam dan kadang berwarna cokelat tua. Dinamakan bituminous karena di dalam batu bara ini mengandung bitumen/aspal.

  1. Anthracite

Jenis batu bara ini sangat baik kualitasnya yang masuk ke dalam jenis highgrade serta ultra highgrade  yang bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga uap. Akan tetapi persediaan batu bara ini masih sedikit.

Jenis batu bara juga sangat penting untuk diketahui sebelum melakukan metode eksplorasi batubara.

Tahapan Metode Eksplorasi Batubara

Penambangan batu bara di Indonesia sendiri terdapat beberapa tahapan untuk melakukan eksplorasi batu bara, diantaranya sebagai berikut.

  1. Penyelidikan umum
  1. Survei tinjau, yang meliputi studi literature, survey dan pemetaan.
  2. Prospeksi
  3. Eksplorasi
  4. Eksplorasi umum dan eksplorasi pendahuluan
  5. Eksplorasi rinci meliputi kegiatan prospektif, penyelidikan lapangan, serta pengolahan data

Kegiatan prospektif sendiri meliputi tahap penyelidikan dan geologi regional serta stratifigrafi. Kemudian tahap penyelidikan lapangan meliputi pembuatan sumur uji, kemudian pembuatan parit uji, serta pembocoran. Masih banyak lagi tahapan dalam metode eksplorasi batubara yang harus dilakukan. Tentunya dengan menggunakan tenaga yang professional agar lebih aman.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *